Picture
Penderita penyakit kencing manis memang seringkali dianjurkan untuk menjalani diet. Diet yang dimaksud disini adalah diet untuk penderita diabetes yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan gula darah. Namun seringkali manfaat dalam hal menjaga keseimbangan gula darah tersebut gagal diperoleh hanya karena cara diet diabetes yang salah. Padahal jika diet tersebut dilakukan dengan benar, maka manfaatnya akan benar-benar terasa. Dalam hal ini, manfaatnya bukan hanya mampu menurunkan kadar gula darah, melainkan juga dapat mengurangi resiko komplikasi akibat kencing manis. Jadi alangkah baiknya jika diet tersebut dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan agar diet yang anda jalani dapat berhasil maksimal.

Perhatikan Jenis Makanannya

Jenis makanan yang anda konsumsi akan sangat mempengaruhi dampaknya terhadap kestabilan gula darah anda. Apalagi jika selama ini anda lebih cenderung mengkonsumsi makanan berlemak dan yang memiliki jumlah kalori cukup tinggi. Kedua makanan tersebut tentunya akan semakin meningkatkan resiko terjadinya lonjakan gula darah yang cukup drastis. Guna mengurangi resiko tersebut, maka akan lebih baik jika anda segera  merubah daftar menu harian anda. Atur sedemikian rupa agar tidak hanya makanan berlemak dan berkalori tinggi saja yang ada di sana.

Untuk mengimbangi asupan lemak dan kalori yang anda peroleh setiap hari, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah. Hal ini karena sayuran dan buah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Ditambah lagi buah memiliki kadar air yang cukup untuk membantu mengikis kelebihan gula dalam darah. Namun khusus untuk konsumsi buah, hendaknya jangan asal pilih karena terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, seperti pisang, nanas, dan mangga. Konsumsi buah tersebut tentunya akan dapat memicu lonjakan gula darah. Sebagai gantinya pilihlah buah apel, strawberi, pir atau jeruk yang memiliki kandungan gula yang relatif rendah.

Hitung Jumlah Kalorinya

Untuk dapat menjaga keseimbangan gula darah, ternyata bukan hanya jenis makanan yang perlu diperhitungkan, melainkan juga jumlah kalori yang diterima tubuh atau yang ada pada makanan yang anda konsumsi. Hal ini karena asupan kalori yang terlalu berlebihan hanya akan memicu lonjakan gula darah. Apalagi dengan kondisi tubuh sedang mengalami gangguan metabolisme, asupan kalori yang terlalu berlebihan hanya akan memperburuk kondisi penyakit yang anda derita. Oleh karena itu, selalu upayakan untuk menghitung jumlah kalori yang akan anda peroleh dari makanan yang dikonsumsi dengan mengetahui indeks glikemik makanan tersebut. Dalam hal ini, makanan dengan indeks glikemik yang relatif rendah hendaknya menjadi pilihan untuk menu harian anda.

Jaga Pola Makan Anda

Menjaga pola makan ternyata juga dapat berpengaruh terhadap upaya menjaga keseimbangan gula darah diabetesi, khususnya bagi penderita yang cenderung makan dengan porsi besar. Makan dengan porsi besar, dalam hal ini, hanya akan memicu terjadinya lonjakan gula darah yang cukup drastis. Ditambah lagi dengan jadwal makan yang tidak teratur, maka lonjakan gula darah akan semakin sering terjadi.

Guna mengurangi terjadinya lonjakan gula darah tersebut, maka sangat dianjurkan untuk memperbaiki pola makan anda. Makanlah secara teratur dan jangan menunda makan sesibuk apapun aktifitas anda. Selain itu, perhitungkan juga porsi makan anda. Akan lebih baik jika makan dengan porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering. Cara ini terbukti dapat menjaga keseimbangan gula darah sehingga diet yang anda lakukan dapat memberikan dampak yang cukup positif terhadap penyakit yang sedang diderita. Untuk informasi menarik lainnya yang berkenaan dengan penyakit diabetes, pencegahan dan pengobatannya secara lebih detil, anda dapat memperolehnya dengan mengunjungi link berikut: obatdiabetesmelitus.net/tanda-dm/tidak-ada-lagi-gejala-diabetes-dan-pencegahannya-yang-tersembunyi


 


Comments




Leave a Reply