Picture
Siapa bilang penanggulangan diabetes melitus itu akan sulit dilakukan? Justru upaya untuk itu bisa dilakukan dengan sangat mudah, khususnya jika berhubungan dengan jenis makanan yang harus dikonsumsi penderita. Dalam hal ini, ada jenis makanan khusus yang merupakan makanan sehat untuk penderita diabetes melitus. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut nantinya kadar gula darah penderita akan dapat terjaga kestabilannya sehingga dampaknya akan semakin positif terhadap harapan penderita untuk segera dapat mengatasi kencing manis yang diderita. Lalu makanan apa saja yang perlu dikonsumsi penderita untuk memperoleh manfaat tersebut? Berikut ini akan kami berikan daftarnya.

Beras Merah

Beras merah bisa menjadi pengganti nasi yang tepat untuk dikonsumsi diabetesi. Hal ini karena kandungan karbohidrat atau kalori yang dimiliki beras merah bukan sejenis kalori yang ada pada nasi. Kalori yang ada pada beras merah akan lebih cenderung menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah penderita dapat tetap mendekati stabil. Selain karena kandungan kalorinya tersebut, beras merah juga dikenal kaya akan serat dan protein. Kedua nutrisi ini juga akan sangat bermanfaat dalam hal menjaga kestabilan gula darah penderita, khususnya asupan serat dalam jumlah yang cukup.

Asupan serat dalam jumlah yang cukup bukan hanya dapat menjaga keseimbangan gula darah penderita, melainkan juga dapat membantu menurunkan berat badan secara lebih efektif. Dengan kedua manfaat tersebut tentunya konsumsi beras merah secara rutin akan dapat memberikan manfaat ganda yang sama-sama positifnya terhadap upaya untuk mengatasi penyakit gula darah yang sedang diderita.

Gandum Utuh

Gandum utuh dan produk olahannya juga dikenal kaya akan serat dan protein. Karenanya untuk melengkapi daftar menu harian diabetes anda, gandum utuh perlu dipertimbangkan untuk dapat masuk juga ke dalam daftar menu harian anda. Apalagi dengan kandungan serat yang ada, gandum akan dapat membantu mengurangi pelepasan gula ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar gula darah akan dapat selalu mendekati normal.

Selain karena mengandung serat dalam jumlah yang cukup, gandum utuh juga memiliki jumlah kalori yang memadai untuk mendukung kebutuhan kalori tubuh tanpa harus memicu lonjakan gula darah. Hal ini karena kalori yang dimilikinya berbeda dengan yang ada pada nasi. Karenanya guna menjaga keseimbangan gula darah, maka akan lebih baik jika anda lebih memilih untuk mengkonsumsi gandum dan beras merah dibanding nasi biasa.

Susu

Susu dikenal kaya akan kalsium. Mikonutrien yang satu ini sebenarnya merupakan nutrisi untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun siapa sangka jika kalsium ternyata juga dapat membantu meningkatkan sensitifitas reseptor insulin terhadap insulin. Apalagi jika ditambah dengan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup, maka kerja kalsium dalam hal meningkatkan sensitifitas sel reseptor insulin akan semakin optimal. Mengingat manfaatnya yang cukup besar terhadap penyakit diabetes yang sedang anda derita, maka akan lebih baik jika anda selalu mengupayakan untuk mengkonsumsi susu atau produk susu lainnya. Namun agar manfaatnya tidak berkurang, sangat disarankan untuk memilih susu rendah lemak agar dapat mengurangi resiko penimbunan lemak di dalam tubuh.


 


Comments




Leave a Reply